Langsung ke konten utama

bagian dari perjuangan

Minggu pagi yang sejuk, aku bangun tepat ketika ayam-ayam jago mulai berkokok, ketika muadzin mengumandangkan suara merdunya membangunkan insan-insan yang terlelap dalam buaian mimpi, aku bangun seraya merapal sebuah do'a keramat yang sudah kuhapal sejak usiaku 4 tahun, ku raih segelas air mineral yang selalu ku sediakan di atas meja belajar, meneguknya sedikit dan menuangkannya pada telapak tangan, menghirupnya perlahan, sakit dan perih terasa di dalam hidungku.
     Jam 6 : 00 aku kembali memeriksa perlengkapan yang akan kubawa menuju Rangkasbitung, notebook, pulpen, pensil, correction pen, roti, air mineral, p3k, mukena dan tak lupa roti jepang merk avail sebagai perlengkapan P3K (pertolongan pertama pada kebocoran) sudah tertata rapi dalam tas baruku.
    Dua jam kemudian aku telah sampai di terminal kota Rangkasbitung.
    "Bade kamana neng?" Tanya beberapa tukang ojek.
   "Ke Komdik," jawabku singkat

Saat itu aku baru sadar, tukang ojek-ojek itu mengerubutiku. Oh my God, desisku lirih, kesehatanku yang belum pulih membuat kepala sedikit pusing dan tenggorokanku sakit. Aku memutuskan duduk sejenak di samping ibu-ibu yang terlihat kebingungan, pertanyaan yang sama pun terlontar dari mulutnya.
"Bade kamana neng?"
"Bade ka Komdik bu, ibu bade ka mana?"
"Bade ka toko Onih, tapi hilap deui tempatna."
"Ya udah bu, kin ku abdi dijajapkeun, hayu atuh naek angkot ka pasar."
Angkot yang kami tumpangi meluncur menuju pasar Rangkasbitung, setelah mengantar si ibu ke toko tujuan, aku mengenakan helm hello kittyku lalu menanyakan ojek pada pedagang petasan, oh aku ingat pedagang petasannya lumayan manis dan baik hati, dia memanggil tukang ojek untukku.
"Makasih ya kang?"
"Sami-sami teh."
Aku melirik jam digital yang melilit di pergelangan tangan kiriku, sudah pukul 9:45, astaghfirullah aku pasti telat, gumanku dalam hati.
  Aku turun tepat di depan gerbang kampus STKIP Setia Budi, dan segera membayar ongkos ojek. Aku belum tahu tempat belajarku dimana, segera ku putar layar iphone jadulku, menelpon bang Dc, tetapi hanya nada panggilan tunggu yang ku terima. Aku berjalan beberapa meter menuju sebuah warung, dengan suara khas kodok karena masih sakit aku bertanya di mana tbm kedai proses.
"Lurus aja neng, lewat kolam itu ada tbmnya."
"Makasih."
Ya ampun, bodoh sekali aku, ujung kolam itu kan jauh, kenapa tadi ga sekalian pake ojek? aku merutuki diri sendiri, kakiku mulai lemas, tetapi ada sisi semangat yang tiba-tiba membara, ini perjuangan, aku menghela nafas panjang, menenteng tiga buah leumeung yang dibungkus menjadi satu dalam koran dan sebuah helm hello kitty kesayanganku, nampak sekali asli dari kampung ya. Hap akhirnya sampai juga di tbm kedai proses. Aku disambut bang Firman dengan wajah berseri.
   Aku hanya tersenyum ketika beberapa calon teman-teman baru menyapaku. Maklum belum kenal 😂😂😂

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Assalamu'alaikum

Apa kabar, yang masih Allah tutup dengan tabirnya, apa kabar imannya dan imanku hari ini? Apakah masih sama dangkalnya seperti hari kemarin? Mungkin saja begitu.  Bukan tak ingin membuka hati, tapi Allah maha membolak balikan hati hambaNya. Ia pasti tahu dimana hati itu akan berhenti.  Tak perlu mencari-cari sebab dia sudah ada di lauhul mahfudz.  Tak perlu menerka-nerka sebab dia sudah nyata, hanya saja masih rahasiaNya.  Allah menundanya, sebab Allah ingin kau mendapatkan yang jauh lebih baik dari apa yang kau pinta, karena itu Ia perbaiki dulu dirimu dan perbaiki dulu dirinya, agar ketika sudah sama-sama menjadi baik, Ia menyatukan Insyaa Allah.  Mungkin seperti itulah sederhananya. Tersusun, terkonsep, dan terealisasi tahap demi tahap dengan penuh kejutan 💫💫👑🎁💍💌

keutamaan Sholat Tahajjud

*OPEN RECRUITMENT* Bergabunglah bersama kami di : *KOMUNITAS TAHAJJUD BERANTAI* *(KUTUB)* Sholat Tahajjud memiliki manfaat yang sangat besar jika dikerjakan secara rutin setiap malam. Karena manfaat ini pula, mengapa sehingga sholat tahajjud sangat dianjurkan bagi umat muslim. Banyak dalil-dalil, baik itu Al-Qur'an maupun hadis yang memberikan penjelasan tentang kandungan manfaat yang dimiliki oleh sholat sepertiga malam ini. Beberapa diantaranya seperti, penghapus dosa, pembuka rejeki, pengabul doa, dan masih banyak lagi. Tentunya, semua itu hanya dapat diraih jika kita rajin untuk bertahajud. Mungkin, ini pula yang menjadi sebab, Rasulullah di sepanjang hidupnya tidak pernah meninggalkan sholat tahajjud. Bahkan, dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa, sebelum sholat lima waktu diwajibkan kepada Rasulullah, perintah melaksanakan sholat tahajjudlah yang pertama kali diterima oleh beliau dari Allah SWT. Lantas, apa manfaat dari melaksanakan sholat tahajjud? Beberapa dari manf

Nyi Roro Kidal

 Pada zaman dahulu ada sebuah kerajaan besar di Pulau Jawa. Rakyatnya hidup makmur dan sejahtera. Kerajaan itu dipimpin dengan bijaksana oleh Prabu Mundangwangi. Ia mempunyai permaisuri bernama Dewi Rembulan dan dikaruniai seorang putri yaitu Dewi Kadita yang sangat cantik. Pada zaman itu seorang raja biasanya mempunyai istri lain yang disebut selir. Demikian pula Prabu Mundangwangi, Ia mempunyai selir yang bernama Dewi Mutiara. Ternyata Dewi Mutiara memiliki sifat buruk karena Ia selalu merasa iri terhadap Dewi Rembulan. Pada suatu hari Pandita Agung menghadap Prabu Mundangwangi. Ia menyampaikan bahwa tidak lama lagi Prabu Mundangwangi akan memperoleh putra dari selirnya, yaitu Dewi Mutiara. Prabu Mundangwangi sangat bahagia karena Ia sudah lama menunggu lahirnya anak keturunannya. "Meskipun puteraku lahir dari rahim seorang selir, tetapi dengan wewenangku Ia akan kuangkat menjadi putera mahkota," kata Prabu Mundangwangi kepada Pandita Agung. Dewi Mutiara yang diam-diam