Langsung ke konten utama

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan



Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan







Kurma yang dikenal sebagai salah satu makanan khas negeri unta ini merupakan sibuah manis yang memiliki kulit tipis dan tekstur daging yang lembut dan tebal. Menurut sejarah kurma yang biasa kita konsumsi itu berasal dari sekitar teluk Persia dan dibudidayakan sekitar 400SM. Ajaibnya pohon kurma bisa tumbuh subur di daerah yang tanahnya tandus, sehingga pohon ini lebih banyak tumbuh di Timur Tengah. Pada zaman dahulu penduduk Mesir kuno menjadikan kurma sebagai pohon sejuta manfaat. Mereka memanfaatkan daun kurma sebagai atap dan tikar, batang pohonnya sebagai pondasi serta buahnya yang manis dikonsumsi sebagai makanan yang mengandung banyak vitamin. Selain rasanya yang manis, lezat dan nikmat kurma juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Buah kurma mengandung banyak glukosa, frugkrosa, selulosa, sukrosa dan  unsur-unsur makanan lainnya seperti air, mineral, lemak, protein, vitamin serta mengandung 7 asam amino esensial seperti agrigin, isolasin, leosin, lisin, teorinin, tritopan dan violin. Dalam ilmu kedokteran herbal atau herba thibunnabawi dan kedokteran umum lainnya buah kurma direkomendasikan sebagai salah satu pengobatan alami karena hampir memenuhi semua kebutuhan gizi.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori bahwa memakan 7 butir kurma ajwa di pagi hari akan menjadi penangkal racun dan sihir. Kurma Ajwa merupakan kurma yang paling lembut yang ditanam oleh Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasallam di Madinah.

“Barang siapa pada pagi hari memakan 7 butir buah kurma Ajwa, maka racun dan sihir tidak akan mendatangkan mudharat kepadanya pada hari itu hingga malam hari” (HR. Bukhari)

Kandungan mineral yang sangat tinggi seperti zat besi, zinc, kalsium, fosfor, sodium, potassium, dan magnesium serta kandungan vitamin seperti folate, niacin, riboflavin, thiamin, vitamin A dan vitamin K dalam buah kurma menjadikan buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan

1.      Tahnik pada bayi
Selain biasa dikonsumsi oleh orang dewasa buah kurma juga bisa diberikan pada bayi yang baru lahir, tentunya dengan cara di tahnik atau dikunyah. Tahnik ialah mengunyah sesuatu kemudian diletakan pada mulut bayi dan di gosok-gosokan pada langit-langit mulut bayi. Tahnik bisa dengan menggunakan madu namun yang lebih utama adalah menggunakan buah kurma. Sejak zaman Rosulullah bayi yang baru lahir di anjurkan ditahnik menggunakan kurma. Hal ini dilakukan agar imunitas bayi menjadi kuat.

2.      Mencegah Dan Mengobati Anemia
Anemia merupakan kondisi berkurangnya sel darah merah (hemoglobin) yang diproduksi di sumsum tulang belakang. Hemoglobin atau biasa disingkat Hb merupakan suatu senyawa protein pembawa oksigen dalam sel darah merah. Jika sel darah merah yang mengandung hemoglobin berada dibawah normal, maka otomatis system transportasi sel darah merah yang berperan penting dalam membawa oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh akan terganggu. Sehingga penderita anemia selalu ditandai dengan cepat lelah, lesu, lemah, gelisah, pucat, pusing, sesak karena kurangnya oksigen yang menghasilkan energi. Salah satu penyebab anemia adalah kurangnya zat besi. Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah kurma sangat baik dalam mencegah dan mengobati anemia.

3.      Konstipasi
Konstipasi atau sering disebut gejala susah buang air besar biasanya sering disebabkan kurang minum air putih, gaya hidup yang kurang sehat atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Buah kurma dikategorikan memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita konstipasi. Dalam mengobati konstipasi sebaiknya kurma direndam selama 12 jam hingga air rendaman meresap ke dalam buah kurma. Serat dalam buah kurma juga bisa membantu mencegah kanker usu besar.

4.      Mencegah osteoporosis
Kandungan mangan, selenium, tembaga dan magnesium pada buah kurma merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang. Sehingga buah kurma sangat bagus untuk mencegah osteoporosis, terutama bagi orang-orang yang mulai berusia lanjut.

5.      Mengurangi Reaksi Alergi
Kandungan sulfur organik yang dimiliki buah kurma membawa dampak positif bagi penderita alergi.

6.      Sebagai Sumber Energi
Kandungan glukosa dan fluktosa serta karbohidrat yang terdapat pada buah kurma sangat baik untuk menambah stamina. Karena buah kurma sangat mudah untuk dicerna. Sangat di anjurkan dikonsumsi oleh ibu-ibu yang akan melahirkan untuk menambah kekuatan saat bersalin.

7.      Mengendalikan Denyut Jantung
Kandungan kalium dalam buah kurma dapat membantu mengendalikan kerja denyut jantung dan tekanan darah. Sehingga rutin mengkonsumsi buah kurma bisa membantu memberikan perlindungan terhadap penderita jantung koroner.

8.      Mempertajam Penglihatan
Rutin mengkonsumsi buah kurma bisa mempertajam penglihatan, sebab buah kurma mengandung vitamin A serta anti oksidan yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

Masih banyak manfaat lain dari buah kurma yang bisa kita rasakan baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Assalamu'alaikum

Apa kabar, yang masih Allah tutup dengan tabirnya, apa kabar imannya dan imanku hari ini? Apakah masih sama dangkalnya seperti hari kemarin? Mungkin saja begitu.  Bukan tak ingin membuka hati, tapi Allah maha membolak balikan hati hambaNya. Ia pasti tahu dimana hati itu akan berhenti.  Tak perlu mencari-cari sebab dia sudah ada di lauhul mahfudz.  Tak perlu menerka-nerka sebab dia sudah nyata, hanya saja masih rahasiaNya.  Allah menundanya, sebab Allah ingin kau mendapatkan yang jauh lebih baik dari apa yang kau pinta, karena itu Ia perbaiki dulu dirimu dan perbaiki dulu dirinya, agar ketika sudah sama-sama menjadi baik, Ia menyatukan Insyaa Allah.  Mungkin seperti itulah sederhananya. Tersusun, terkonsep, dan terealisasi tahap demi tahap dengan penuh kejutan 💫💫👑🎁💍💌

keutamaan Sholat Tahajjud

*OPEN RECRUITMENT* Bergabunglah bersama kami di : *KOMUNITAS TAHAJJUD BERANTAI* *(KUTUB)* Sholat Tahajjud memiliki manfaat yang sangat besar jika dikerjakan secara rutin setiap malam. Karena manfaat ini pula, mengapa sehingga sholat tahajjud sangat dianjurkan bagi umat muslim. Banyak dalil-dalil, baik itu Al-Qur'an maupun hadis yang memberikan penjelasan tentang kandungan manfaat yang dimiliki oleh sholat sepertiga malam ini. Beberapa diantaranya seperti, penghapus dosa, pembuka rejeki, pengabul doa, dan masih banyak lagi. Tentunya, semua itu hanya dapat diraih jika kita rajin untuk bertahajud. Mungkin, ini pula yang menjadi sebab, Rasulullah di sepanjang hidupnya tidak pernah meninggalkan sholat tahajjud. Bahkan, dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa, sebelum sholat lima waktu diwajibkan kepada Rasulullah, perintah melaksanakan sholat tahajjudlah yang pertama kali diterima oleh beliau dari Allah SWT. Lantas, apa manfaat dari melaksanakan sholat tahajjud? Beberapa dari manf

Nyi Roro Kidal

 Pada zaman dahulu ada sebuah kerajaan besar di Pulau Jawa. Rakyatnya hidup makmur dan sejahtera. Kerajaan itu dipimpin dengan bijaksana oleh Prabu Mundangwangi. Ia mempunyai permaisuri bernama Dewi Rembulan dan dikaruniai seorang putri yaitu Dewi Kadita yang sangat cantik. Pada zaman itu seorang raja biasanya mempunyai istri lain yang disebut selir. Demikian pula Prabu Mundangwangi, Ia mempunyai selir yang bernama Dewi Mutiara. Ternyata Dewi Mutiara memiliki sifat buruk karena Ia selalu merasa iri terhadap Dewi Rembulan. Pada suatu hari Pandita Agung menghadap Prabu Mundangwangi. Ia menyampaikan bahwa tidak lama lagi Prabu Mundangwangi akan memperoleh putra dari selirnya, yaitu Dewi Mutiara. Prabu Mundangwangi sangat bahagia karena Ia sudah lama menunggu lahirnya anak keturunannya. "Meskipun puteraku lahir dari rahim seorang selir, tetapi dengan wewenangku Ia akan kuangkat menjadi putera mahkota," kata Prabu Mundangwangi kepada Pandita Agung. Dewi Mutiara yang diam-diam